5 Makanan yang Bisa Kembalikan Stamina dan Mudah Ditemukan Saat Puasa

Berita Kuliner Pojok Banyuwangi

BANYUWANGI TV – Saat puasa ramadan tubuh sudah pasti membutuhkan makanan dengan asupan nutrisi yang cukup. Makanan dengan nutrisi yang cukup inilah yang nantinya akan membantu mengembalikan stamina saat puasa. Tak jarang, sebagian besar masyarakat yang tengah berpuasa dan harus melakukan aktivitas yang sama, akan merasa lebih cepat lemas dan lelah. Untuk memulihkan kembali energi dalam tubuh yang sudah hilang, dianjurkan untuk menyegerakan berbuka. Menemukan makanan yang bisa membantu kembalikan stamina saat puasa sebenarnya tidak sulit. Makanan sehat apa saja yang mampu memulihkan energi setelah puasa? Berikut makanan yang bisa bantu pulihkan stamina anda dan mudah ditemukan.

  1. Kurma

Kurma menjadi salah satu buah paling populer selama bulan puasa. Kandungan karbohidrat dalam buah kurma ini cukup banyak sehingga wajib dijadikan santap berbuka dan sahur sebelum menjalankan ibadah puasa. Selain itu kandungan anti-oksidan dalam buah kurma juga cukup tinggi. Sehingga buah ini juga dapat diandalkan untuk membantu mengurangi inflamasi, risiko diabetes, hingga alzheimer.

  1. Pisang

Buka puasa tidak selalu dilakukan di rumah, apalagi bagi sebagian masyarakat yang jam pulang kerjanya berdekatan dengan jam buka. Nah, pisang bisa jadi makanan efektif untuk berbuka. Selain mudah dimakan, kandungan pisang yang sebagian besar terdiri dari serat dan gula, seperti glukosa, fruktosa, sukrosa bisa jadi pendongkrak energi.

BACA JUGA :
Gabungan Masyarakat Banyuwangi Bagikan Bantuan 3 Ton Beras Gratis Video Tiktok Petugas Kamar Mayat RSUD Blambangan Viral Protes Pemuda Pancasila Satu Bilik Disinfektan Gunakan Anggaran Dana 30 Juta
Satgas Mahasiswa Banyuwangi Bagi-bagi Masker

 

  1. Ubi Jalar

Selain rasanya yang manis, ubi jalar mengandung tinggi karbohidrat, vitamin A, dan vitamin C yang berpotensi memulihkan tubuh dari kelelahan. Bahkan, dilansir dari Dr. Axe, ubi jalar bisa ditambahkan sebagai menu makanan diet untuk pasien diabetes.

  1. Putih Telur

Telur memang sumber protein terbaik untuk tubuh saat berpuasa. Kandungan proteinnya juga mampu membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga membantu mengatur sumber energi dan stamina tubuh saat menjalani ibadah puasa. Tapi perlu diketahui juga sumber protein yang baik dalam telur adalah putihnya. Saat puasa, bisa dengan mengonsumsi 2 butir telur dan usahakan bagian putihnya saja.

  1. Madu

Madu dapat dijadikan sebagai pengganti gula. Saat membuat teh manis, madu bisa dijadikan pengganti gula yang biasanya sering dipakai. Bahkan, madu dipandang lebih baik dalam hal kesehatan dibanding dengan gula atau pemanis buatan lainnya. Madu mengandung tinggi kalori karena kaya akan fruktosa, maltosa, sukrosa, dan glukosa sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah olahraga. Tentunya juga sangat bermanfaat untuk memulihkan energi setelah puasa.

Selamat Datang di Official Website Banyuwangi TV. Media Edukasi, Inspirasi, dan Informasi Terdepan. Media Siaran Kota Banyuwangi.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password

Sign Up