5 Teori Konspirasi Virus Corona Yang tidak Pernah Kita Bayangkan

Berita Pojok Banyuwangi

BANYUWANGI TV – Covid-19 atau yang sering kita dengar virus corona saat ini telah menyebar ke berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Karena virus ini sudah menjadi masalah di berbagai tempat hingga menyebabkan kematian mencapai ribuan jiwa, akhirnya banyak teori-teori yang bermunculan tentang bagaimana virus corona itu bisa tercipta. Berikut teori konspirasitentang virus corona yang mungkin tidak pernah anda bayangkan.

  1. Wabah virus memang terjadi setiap 100 tahun

Tahun dengan angka belakang “20” kabarnya merupakan tahun yang terkutuk. Berikut ini penjabarannya: Tahun 1720: terjadi peristiwa Black Death, wabah pes yang sempat membunuh 50 juta orang di dunia Tahun 1820: wabah kolera pertama ditemukan, penyakit mematikan yang sering mewabah di sebagian negara di dunia Tahun 1920: wabah flu Spanyol, menginfeksi 500 juta orang atau sepertiga populasi dunia saat itu. Seratus tahun kemudian, pandemi COVID-19 pun terjadi. Hal ini meyakinkan banyak orang bahwa virus memang menyerang dunia setiap seratus tahun sekali. Namun apakah teori ini benar? .

BACA JUGA :
Gabungan Masyarakat Banyuwangi Bagikan Bantuan 3 Ton Beras Gratis
Satgas Mahasiswa Banyuwangi Bagi-bagi Masker

Sayangnya hingga saat ini, tidak ada bukti bahwa ini merupakan pola yang pasti. Menurut AFP Fact Check, sebagian virus memang bersifat musiman dan memiliki siklus tapi mereka tentu tidak mengikuti pola-pola seperti yang disebutkan.

  1. Virus Corona telah direncanakan oleh Bill Gates

Pendiri Microsoft, Bill Gates, kini tidak lagi hanya menjadi perhatian karena petuah-petuahnya soal virus corona. Saat ini, pria kaya raya itu juga menjadi sasaran yang dikaitkan dengan teori konspirasi seputar virus corona. Mengapa? Untuk mendapatkan jawabannya, kita harus melihat kembali apa yang terjadi pada Oktober 2019 yang lalu. Pada saat itu, Bill and Melinda Gates Foundation berkolaborasi dengan World Economic Forum dan John Hopkins Center for Health Security. Mereka menguji seberapa siapkah dunia ini dalam menghadapi pandemi jika satu waktu hal tersebut terjadi. Lalu secara tiba-tiba, virus Corona-pun muncul dua bulan kemudian.  

  1. Virus Corona menyebar lewat jaringan 5G.

Teori konspirasi berikutnya mengatakan Teknologi jaringan 5G juga diklaim bisa menyebarkan virus corona. Informasi ini menyebabkan beberapa tower 5G di Inggris rusak karena dibakar oleh masyarakat. Diketahui bahwa pihak pembakar tower 5G tersebut sudah termakan teori konspirasi jaringan 5G bisa menyebarkan virus corona atau Covid-19.   Tak hanya di Inggris, beberapa menara BTS 5G di Belanda juga dibakar sekelompok orang yang diduga merupakan kelompok yang menentang kehadiran jaringan 5G. Mereka menilai bahwa jaringan 5G dapat membahayakan kesehatan dan privasi penggunanya.

  1. Virus Corona Dibawa ke Wuhan oleh Militer AS

ikutip dari CNN, seorang juru bicara kementerian luar negeri China, Zhao Lijian, memunculkan teori konspirasi bahwa militer Amerika Serikat-lah yang membawa virus xorona ke China. Ratusan atlet dari militer Amerika Serikat memang berada di Wuhan untuk mengikuti ajang Military World Games pada Oktober 2019. Menurut laporan Vice, konspirasi bahwa virus Corona berasal dari Amerika Serikat banyak tersebar di WeChat, Weibo, serta saluran televisi yang dikelola pemerintah China. Menurut ahli, narasi ini diterima secara luas di China.

  1. Virus corona berasal dari luar angkasa

Virus corona berasal dari luar angkasa? Teori yang satu ini dikemukakan pertama kali oleh Chandra Wickramasinghe, seorang ahli astronomi dan astrobiologi. Menurutnya, virus corona bisa jadi datang bersamaan dengan komet atau batuan luar angkasa yang jatuh ke Bumi sekitar Oktober 2019 di Tiongkok bagian Utara. Ternyata memang benar bahwa ada batuan luar angkasa yang jatuh di sekitar wilayah Tiongkok. Akan tetapi tidak ada meteorit yang sampai ke tanah. Selain itu, klaim ini tidak bisa dibuktikan, karena selama ini, tidak ada tanda kehidupan di luar angkasa.

Selamat Datang di Official Website Banyuwangi TV. Media Edukasi, Inspirasi, dan Informasi Terdepan. Media Siaran Kota Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password

Sign Up