Selamat Jalan Didi Kempot “The Godfather Of Broken Heart”

Berita Featured Pojok Banyuwangi Slider

BANYUWANGI TV – Kabar duka kembali menyelimuti industti musik tanah air. Selasa, 5 mei 2020 seniman sejaligus penyanyi campursari, didi kempot, kembali ke pangkuan Yang Maha Kuasa akibat serangan jantung.

Sontak, kabar tersebut langsung menggegerkan publik. Sebab, didi kempot tak diketahui memiliki riwayat penyakit serius. Apalagi saat ini namanya tengah melambung karena lagu-lagu yang dinyanyikannya banyak digemari oleh orang-orang. Berkat lagu-lagunya tersebut didi kempot memiliki julukan the godfather of broken heart. Jargon “sobat ambyar” pun juga melekat pada penyanyi gondrong satu ini. Pemirsa, untuk mengenang Didi kempot, berikut highlight viral telah merangkum beberapa fakta terkait sepak terjang didi kempot.

1. Terlahir dari darah keturunan seniman

Didi kempot lahir pada 31 Desember 1966 dengan nama asli dionisius prasetyo. Darah seniman nampaknya diturunkan dari kedua orangtuanya. Sang ayah, Ranto Edi Gudel merupakan seorang pemain ketoprak, penyanyi, dan penulis lagu campursari, dan ibunya Umiyati Siti Nurjanah adalah seornag oenyanyi tradisional. Penyanyi yang identik dengan rambut ikal gondrong ini sempat menjadi seorang pengamen jalanan di jakarta sebelum memasuki dapur rekaman. Saat menjadi pengamen didi memiliki grup bernama “kempot” yang merupakan singakatan dari kelompok penyanyi trotoar. dari sinilah awal mula nama panggung “didi kempot” terbentuk. Nama Didi Kempot mulai dikenal masyarakat sebagai musisi tradisional pada 1983

2. Lagu pertama didi kempot

Lagu pertama didi kempot kala itu adalah lagu cidro pada tahun 1989 ciptaan dari mendiang dari adik komedian Mamik prakoso yang bahkan terkenal hingga ke eropa, lagu ini menceritakan kisah tentang seorang yang patah hati. Namun beberapa sumber mengatakan bahwa lagu cidro adalah gubahan didi kempot sendiri yang berasal dari pengalaman pribadinya.

Kala itu lagu cidro tidak populer di Indonesia, namun begitu terkenal karena seorang turis asal suriname amerika, yang tinggal di belanda berulang kali memutar lagu ini di radio. Dari situlah didi kempot mulai mendapatkan tawaran menanyanyi di amerika dan eropa. Kini, siapa yang tidak kenal lagu cidro? Hampir setiap penampilan didi saat mengadakan konser, lagu ini tak pernah absen dinyanyikan oleh ribuan penggemarnya.

3. Naik turun karier didi kempot di industri tanah air.

Setelah namanya semakin terkenal, didi kempot mulai menukis sendiri lagu-lagu campursari yang akan dinyanyikannya. Pada era reformasi, atau sekitar tahun 1999, didi kempot merilis lagu campursari fenomenal yang terkenal hingga saat ini, yaitu stasiun balapan. Bisa dikatakan, saat lagu ini dirilis, kariee didi kempot semakin menanjak dan terkenal. Hampir semua stasiun tv, radio, dan artis-artis lain menyanyikan lagu ini. Melodinya yang santai, dan liriknya yang ringan membuat lagu ini sangat melekat di telinga pendengarnya. Beberapa lagu didi kempot yang kemudian semakin popoler adalah cucak rowo, cintaku sekonyong koder, dan sewu kutho yang bahkan hingga kini masih banyak dinikmati oleh pecinta musik. Sempat sepi di pemberitaan dan jarang tereskpos media, didi kempot kembali menggebrak musik tanah air dengan merilis lagu suket teki pada tahun 2016 yang menceritakan tentang korban janji dari kekasih yang mengkhianati. Salah satu lagu patah hati milik pria berjuluk The Godfather of Brokenheart itu mengisakan rasa kecewa berat seseorang karena janjinya diingkari. Sontak lagu tersebut dianggap mewakili perasaan penggemarnya yang sedang patah hati. Sejak saat itulah, nama didi kempot semakin melambung di belantika musik tanah air.
Patah Hati Nasional. Julukan itu diraih Didi Kempot karena kepiawaiannya membawa pendengar larut dalam emosi ketika mendengar lantunan suara merdunya.

4. The Godfather of Broken Heart

Julukan The Godfather of Broken Heart atau Bapak patah hati tercetus saat Didi Kempot tampil di acara Bakdan Ing Balekambang di Taman Balekambang Solo, 9 Juni 2019. Kemudian, gelar The Godfather of Broken Heart disahkan dalam Musyawarah Nasional Pengukuhan Awal Solo Sad Bois Club, di Rumah Blogger Indonesia,15 Juni 2019. Jukukan ini bukan tanpa alasan, lagu-lagu ciptaan didi kempot yang doniminasi lagu patah hati dianggap mampu mmebuat pendengarnya jatuh cinta dan ambyar. Penggemar yang menjuluk dirinya sadboys dan sadgirls tersebut terhimpun dalam julukan sobat ambyar. Kepiawaian didi kempot dalam mengolah lirik dan melodi mempu membuatnya dicintai oleh seluruh penggemarnya, tak hanya orang tua, bahkan banyak kawula muda yang mengidolaknnya

5. Didi Kempot Meninggal Dunia.
Didi Kempot meninggal dunia di RS Kasih Ibu Solo, Selasa pagi sekitar pukul pukul 7.30 WIB di usia 53 tahun. Penyebab kematian mendadak yang dialami didi kempot masih simpang siur. Namun menurut kakak kandungnya, didi kemoit diduga mebgalami kelelahan karena banyaknya kegiatan dan jadwal manggung. Terkait riwayat oenyakit, sang kakak menyatakan bahwa didi kempot tak memiliki riwayat penyakit apapun. Sumber lain mengatakan bahwa didi kempot meninggal diduga akibat terkena serangan jantung.

Itulah tadi rangkuman tentang perjalan karier sang maestro patah hati. Sungguh, kepergiannya pasti menyisakan patah hati yang begitu dalam bagi seluruh penggemarnya. Semoga engkau tenang dan bahagia.

Selamat Datang di Official Website Banyuwangi TV. Media Edukasi, Inspirasi, dan Informasi Terdepan. Media Siaran Kota Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password

Sign Up